Tutorial Mudah Ganti Iklan Admob di Game Android

Android Mediatek – Selamat malam sobat android dimanapun anda berada. Sudah lama sepertinya tidak menulis lagi di blog ini, lantaran kesibukan di dunia real yang seangat menyita waktu. Malam ini saya akan berbagi sedikit tutorial bagaimana cara menyisipkan iklan admob ke dalam sebuah game atau aplikasi android.

Atau bahasa kerennya sih reskin game atau aplikasi. Sebenanrya kalo dikatakan reskin juga tidak tepat, karena di sini kita hanya mengganti iklan admob yang ada di dalamnya dengan iklan admob kita.

Bingung ya? Sama, hahaha. Bahasa sederhananya kita hanya menyisipkan atau memasukan iklan admob milik kita ke dalam sebuah game atau aplikasi milik oranglain. Simpelnya lagi adalah tutorial mudah mengganti admbo di game apk. Understand?

Caranya? Cari source code game atau aplikasi andorid di mbah google. Banyak sekali bertebaran. Lantas hal apa saja yang harus kita siapkan:

# Laptop atau komputer yang sudah terinstal Android Studio terbaru.
# Punya akun admob untuk membuat iklan nantinya. Jika belum bisa mendaftar terlebih dahulu.
# Punya source code game atau aplikasi. Cari di mbah google buanyak.
# Kopi, rokok dan camilan untuk menemani proses nantinya.

Langsung saja tanpa harus menunggu atau basa basi. Karena bahwasanya menunggu itu sangat menyakitkan, eaaaa....

1. Buka aplikasi Android Studio, hingga muncul jendela awal.

2. Kemudian pilih Import project (Eclipse ADT, gradle, etc)

3. Pilih folder source code yang sudah kita siapkan tadi. Di sini saya coba menggunakan source code game Tic Tac Toe. Jika sudah klik Ok.

4. Akan muncul jendela Import Project klik Next. Klik Next terus sampai kita harus klik Finish.

5. Kita sampai di layar utama Android Studio. Ubah mode Android ke mode Project. Lihat gambar di bawah.

6. Akan mucnul dua folder, yang satu folder google play service dan satunya lagi folder TicTacToe. Klik folder TicTacToe kemudian cari folder res lanjut folder values dan klik strings.xml.

7. Buka file strings.xml dengan cara double klik. Akan muncul isi dari file strings.xml tadi. Hampir semua game atau aplikasi penempatan iklan admob ada di folder res. Iklan admob yang dimasukkan ke game TicTacToe seperti gambar di bawah ini. 

8. Buka akun admob teman-teman semua. Kalau belum daftar terlebih dahulu dan buat unit iklan Banner dan Interstitial.
9. Ganti unit iklan admob sebelumnya dengan unit iklan yang sudah kita buat tadi. Jangan lupa klik Save atau gambar disket. Di bawah ini iklan admob sudah saya ganti.

10. Jika diyakin sudah benar dalam hal penggantiannya. Pilih Build terus pilih Generad Signed APK.

11. Akan muncul jendela Generate Singed APK. Di sini kita harus membuat sebuah akun jika pertama kali membuat pilih Create New atau jika sudah punya pilih Choose existing. Jika sudah klik Next.

12. Pilih di folder mana file apk nantinya mau kita simpan. Kemudian pilih finish.

13. Tunggu proses build apk selesai.

14. Jika berhasil akan muncul jendela sukses seperti di bawah ini.
15. Teman-teman bisa mencoba menginstal game atau aplikasi yang sudah kita ganti iklan admobnya di smartphone. Kita coba mainkan apakah iklan yang sudah kita pasang tadi muncul.

Mudah bukan? Ingat di sini kita hanya mengganti iklan admob saja. Jika harus melakukan reskin game atau aplikasi tersebut tentu berbeda lagi. Kita harus mengganti semua elemen di dalamnya dengan elemen yang baru. Mungkin lain waktu jika ada kesempatan bisa saya bahas.

Terima kasih

Silakan komentar jika ada yang ingin ditanyakan ke admin.
Terima kasih

Previous Post Next Post